Selasa, 18 April 2017

Beberapa Bentuk Pengendalian Sosial

  1. Gosip atau disebut Desas-desus.  Tujuan gosip adalah sebagai kontrol sosial agar orang yang kena gosip tersebut lebih berhati-hati dalam bertindak.Dengan kata lain untuk menyadarkan si pelaku agar tetap perbuatannya sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
  2. Teguran.  teguran adalah pengendalian sosial yang dilakukan seseorang penyimpang baik secara lisan atau pun tulisan.
  3. Hukum.  merupakan alat pengendalian yang paling ampuh, karena didalam hukum ini disertai dengan sebagai macam sanksi sesuai dengan tingkat penyimpangan.
  4. Pendidikan.  pendidikan baik yang bersifat informal, formal, dan non formal kesemuanya merupakan alat untuk membimbing manusia agar mematuhi norma dan nilai-nilai yang berlaku dimasyarakat sehingga dia bebas dari perilakun menyimpang.
  5. Agama.  agama merupakan aturan hidup yang secara konseptual tertuang dalam kitab sucinya. Oleh karena itu bagi manusia yang benar-benar meghayati, menjiwai, dan melaksanakan ajaran agamanya dengan sepenuh hati sehingga mempunyai predikat muttaqin (orang-orang taqwa) di mana dan kapan pun tidak akan melakukamn penyimpangan sosial karena dia merasa terikat olehajaran Tuhan, sebab tidak ada satupun ajaran Tuhan yang mengarjarkan untuk melakukan penyimpangan, bahkan menyuruh untuk mematuhi norma dan nilai sesuai dengan ajaran agamanya.

0 komentar:

Posting Komentar